Kamis , September 16 2021

YB_6DXCommunity dalam Perkembangan Jaman

YB6_DXC YB6_DX Community

Apa itu YB6_DXC? YB6_DXCommunity terbentuk dari sebuah ide kawan-kawan pegiat DX-ing di Call Area 6 (six) untuk mengembangkan minat dalam Komunikasi DX.

Awal mulanya nama komunitas adalah “CA6 DXers Community” yang dibentuk melalui sebuah group WhatsApp oleh Anda Yudas – YH6HAI. Group itu dibuat untuk menanggapi pasca pembubaran rekan-rekan operator Special Call YB71RI (HUT Kemerdekaan RI ke-71) tahun 2016 telah selesai .

Group itu kemudian dijadikan sebagai forum melatih dan mengumpulkan anggota ORARI Call Area 6 yang tertarik mempelajari kegiatan DX-ing. Sebagai wadah untuk berbagi pengetahuan tentang Operating procedur, Teknik Antena, Radio, Perangkat Lunak dan lainnya.

21/09/2016 YB6HAI mengubah nama “CA6 DXers Community” menjadi “CA6 DX Community”. Perubahan nama mendapat tanggapan oleh rekan-rekan amatir radio, karena dapat menimbulkan kesalahpahaman di kancah internasional. Hari berikutnya 22/09/2016 atas saran dan masukan dari berbagai rekan nama disempurnakan lagi menjadi “YB6_DX Community”.

Anggota yang tergabung semakin hari bertambah dan bukan hanya dari Call Area 6 saja. Mereka saling dukung dalam berbagai kegiatan, seperti kontes, klaim penghargaan, eksperimen antena penggunaan perangkat lunak. Alhasil anggotapun merasa senang dan saling terbantu dalam berbagai kegiatan komunikasi DX. Didalam komunitas itu sesama anggota saling berbagi ilmu untuk berburu stasiun langka dari berbagai belahan dunia melalui kontes internasional.

Karena perkembangan waktu, komunitas ini semakin banyak peminat, anggota bukan hanya YB Land saja bahkan tak sedikit dari luar negeri. Maka YB6_DXCommunity merubah maksud angka 6 yang semula berarti Call Area 6, melalui zoom meeting diputuskan angka 6 yang dimaksud adalah 6 BENUA.

Logo YB6_DXCommunity

Logo pun ada perubahan, semula pada angka 6 nampak belah ketupat logo ORARI, maka logo belah ketupat dihilangkan, dengan makna mandiri dan bersifat internasional.

Untuk menjadi sempurna perlu melalui proses, dari berbagai masukan dasar penetapan nama komunitas harus mewakili wilayah dan kegiatannya.

Motto YB6_DX Community adalah “DXing Is Our Pride Focus 6 Continent“, dengan Tujuan membangun kemampuan dxing dengan persahabatan yang kuat dan sesuai dengan semangat Amateur Radio dan Kode Etik.

Beberapa cara mewujudkan tujuan tersebut diantaranya;

  1. Sebagai tempat bagi Amatir Radio yang tertarik untuk membangun kualitas pribadi untuk menjadi amatir radio yang mampu berkomunikasi di seluruh dunia dengan semua mode dan semua band.
  2. Sebagai tempat untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dan pertukaran teknologi dari satu anggota ke anggota lainnya. Sehingga kemampuannya seimbang satu sama lain.
  3. Pengembangan meliputi kualifikasi orang dan pemasangan stasiun radio.
  4. Pertukaran pengalaman dan pengetahuan berasal dari anggota ke anggota itu sendiri.
  5. Anggota komunitas terdiri dari semua Amatir Radio yang tertarik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan.
  6. Pimpinan komunitas adalah YB6HAI dibantu oleh anggota yang memiliki kemampuan di bidangnya masing-masing.
  7. Mempromosikan persahabatan, rasa hormat, dan mematuhi Kode Etik Amatir Radio.
  8. Mendorong anggota untuk secara aktif melakukan kegiatan dxing sehingga mereka dapat mengklaim penghargaan yang ada dan menjadi pembina di tingkat lokal mereka juga.

Apakah Anda seorang Amatir Radio dan tertarik untuk bergabung bersama YB6_DXC? Melalui website dari sumber/info artikel ini ditulis, Anda bisa bergabung dengan beberapa pilihan kelas basic dan premium.(\2TFB).

Sumber/info: https://yb6-dxc.net/

Baca juga : Membangun Kemampuan DX-ing Dengan Persahabatan Yang Kuat Bersma YB6-DXCommunity

Source